Kamis, 22 Desember 2016

Yakin masih mau nego harga ke pedagang kecil-kecilan?



Pernah sadar ga sih kenapa kita selalu menawar harga pada pedagang kecil-kecilan, pedagang kaki lima, atau pedagang di pasar tradisional? Tapi saat kita belanja ke Minimarket atau ke Mall kita boro-boro mau nawar harga. Alasan basinya, “iya emang kan kalau di supermarket harganya udah pas dicantumin labelnya, kalau di pasar kan engga jadi bisa bebas nawar.”
Emang iya sih guys, apa yang kalian katakan itu bener, Cuma ya, kita lihatnya jangan dari segi realistiknya aja, cobadeh, Lihatlah dan bukalah mata hatimu  ̴ hahahaha.
Ke pedagang kecil aja kamu kejam, pangkas terus deh tuh harga. Padahal itu kan Cuma pedagang kecil-kecilan mbak,mas! Kasian gak sih, pedagang kecil-kecilan kayak gitu tuh udah mah ya jalan muter-muter komplek, kalo enggak jualan di pasar yang serba riweuh dan bau, kepanasan, kehujanan, keringetan, barang jualannnya cuma laku dikit kalau lagi zonk, eh harganya di pangkas lagi sama kita yang beli, cian kaan :’) sorry jadi alay, emang udah dasarnya alay sih jadi gaya nulisnya mau dibagus-bagusin juga tetep aja kayak gini. *ups Wkwkwk.
Coba deh yuk dari sekarang, jangan suka nawar-nawar harga ke pedagang kecil-kecilan kayak gitu. It’s okay, jika kamu mau nawar boleh aja cuma jangan kebanyakan, anggap aja kita beramal, anggap aja kita membantu meningkatkan perekonomian rakyat kecil, anggap aja kita sedekah. Kan sebagian dari harta kita itu ada bagian yang merupakan milik orang lain, iya kan? Hehehe. Selain itu, pedagang kecil-kecilan itu memiliki anak, semoga dengan sedekah yang sedikit dari kita menjadi berkah, anak pedagang tersebut dapat mengenyam pendidikan tinggi dan kemudian membawa kemaslahatan bagi kita semua.
Yuk sama-sama membantu meningkatkan perekonomian rakyak kecil teman-teman. Wkwk. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan mulai dari sekarang kapan lagi? Supaya perekonomian kita dapat berkembang pesat, supaya dengan adanya perdagangan bebas sekarang itu tidak membuat redup usaha kecil rakyat.
Karena walaupun pedagang kecil mereka tetaplah pedagang. Walaupun kecil-kecilan yang penting halal. Tidak ada pekerjaan yang buruk atau baik selama itu dilakukan dengan jalan yang diridhoi Allah. Seperti judul tulisan ini, yakin masih mau mangkas harga pedagang kecil-kecilan? Hehehe.
Salam pena,
Penulis amatiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar