Senin, 22 Mei 2017

Orang istimewa itu

Apakabar? Tiba-tiba lagi ingin curhat aja.  Hehe.  Blog ini cuma privasi,  kayaknya juga emang enggak ada yang baca.  Jadi bebas kan?  Kalau lagi enggak enak hati,  enaknya nulis sih.
Sekarang udah masuk minggu ketiga aku praktek di puskesmas.  Rasanya gimana?  Ya begitulah, biasa aja sih sebenernya.  Praktek peminatan yang kebetulan aku kebagian di keperawatan jiwa, hemeeh hehehe.

Pasti da kalau yang pada enggak tau mah,  ih mau-maunya ngurus pasien jiwa,  takut,  atau ngapain ngonrol juga enggak nyambung.  Ya begitulah kebanyakan respon orang.  Dulu sempet pas belajar pertama tentang keperawatan jiwa aku ada kayak semacam minat ya,  terus bilang ke mamah,  mah ntar kalo misal aku sekolah sampe tinggi,  terus harus ngambil spesialis aku mau pilih keperawatan jiwa.  Daebak,  apa responnya coba?  Hahaha.  Duh dek kayak yg engga ada yg lain aja,  coba atuh milihnya ke yang lain,  kenapa engga milih yg spesialis anak aja,  biar manfaat kalau pas rumah tangga,  itu kata mamah.  Iya memang enggak ada hubungannya sama kehidupan sehari-hari,  tapi ngurus pasien jiwa itu kadang suka bikin kita instropeksi diri,  banyak2 istigfar,  aku mh kan apa-apa ge dipikirin,  jadi ya minimal aku bisa nyadarin diri aku sendiri kalau apa-apa itu engga selalu harus dipikirkan,  kasian perasaan,  kasian hati kasian otak diajak muter terus,  mikirin hal-hal negatif, takut bla bla bla aishh emang yang paling susah itu mengendalikan diri ternyata.
Orang-orang jiwa itu istimewa, coba bayangin kalau mereka orang-orang jiwa yang selalu merasa negatif terhadap dirinya sendiri,  yang ketakutan dengan halusinasi yang mereka alami,  yang merasa dunia seakan runtuh,  tapi mendapat perlakuan tidak manusiawi.  Dulu orang-orang jiwa dipasung,  dikucilkan dari umun,  dijauhi,  diolok-olok. Dan hei kita lupa satu hal,  sebenarnya salah apa mereka sampai diperlakukan tidak manusiawi seperti itu?  Memang ya manusiawi bgt,  orang engga kenal aja,  orang engga ngeganggu kita aja kalau ada yang sedikit beda langsung aja jadi buah bibir. Yuk sadar yuk.
Sikap dan kepribadian kita itu tercermin dari cara kita memperlakukan orang lain.  Kamu enggak perlu jadi hebat,  jadi kaya atau jadi rupawan.  Tapi selama kamu bisa memperlakukan orang lain dengan baik maka kamu cantik, kamu ganteng.  Hehehe.  Karena keindahan itu terpancar dari hati.
Kalau orang jiwa dikucilkan, dijauhi,  diolok-olok,  kapan keadaan mereka akan membaik?  Kalau orang jiwa tidak diajak ngobrol,  kapan mereka bisa menceritakan rasa sakit di hati mereka?
Pasien yang aku kelola kebetulan ada seorang wanita usianya udah sekitar 47 tahun,  sudah menderita gangguan jiwa kurang lebih 30 tahun,  diajak ngobrol dia nyambung,  dia kooperatif,  dia juga selalu sumringah kalo aku dtg ke rumahnya,  seneng lho rasanya kalau kedatangan kita itu bikin seneng orang lain apalagi jadi alasan orang lain seneng,  beuh, bahagia itu kadang sesederhana itu.  Hehehe.
Terakhir kunjungan aku ke rumahnya,  aku bawa hadiah kan,  bawa kado, dan apa,  responnya,  seneng banget dia,  sampe bilang lita kalo ada adek2 aku disini pasti semuanya seneng sama lita,  kadonya engga bakalan saya buka dulu,  mau saya kasih liat ke ade2 saya yang di bandung katanya. Seneng banget rasanya.  Ketika kita dapat berbuat sesuatu dengan orang lain,  kwtika kita bisa menjadi tempat berkeluh kesah orang lain,  ketika itu aku sadar,  masalahku memang banyak,  tapi orang lain juga punya masalah.  Masalah kita banyak bukan berarti engga bisa mendengarkan masalah orang lain kan?  Kadang dari permasalahan orang lain kita dapat pembelajaran berharga.  Mendapatkan respon yang tulus itu lebih dari sekedar menyenangkan.  Karena ketika orang lain sudah mampu berkeluh kesah padamu,  itu tandanya sebuah amanah besar ia titipkan padamu.  Amanah itu namanya, kepercayaan.  Dan kepercayaan itu harganya tidak ternilai,  sama hal nya dengan ketulusan, sama hal nya dengan kejujuran.
Segitu dulu paling kesan aku dengan orang gangguan jiwa.  Semoga kalian bisa lebih bijaksana dalam melihat sesuatu dari sisi yang terangnya.  Hihi yuk belajar untuk memahamj orang lain.

Salam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar