Jumat, 02 Mei 2014

Adek tidak mau puasa!

www.nyunyu.com
Pulang sekolah merupakan waktu yang sangat tepat untuk bermain bagi anak-anak SD. Selain tidak terlalu banyaknya tugas-tugas sekolah yang menumpuk, juga tentu karena dipikiran anak-anak hanya ada main dan main :D
waktu itu, tepatnya saat aku masih duduk dibangku kelas 2 SD aku mungkin masih dibilang sangat labil. Banyak sekali sesuatu yang aku tak tahu dan saat diberitahu dengan sangat cepat aku menafsirkan sesuatu tanpa memikirkan apapun.
Senja itu, Aku menjalani rutinitas senjaku "bersekolah agama" istilahnya. Apalagi pada bulan itu merupakan bulan spesialnya umat islam, bulan dimana terdapat bonus besar-besaran soal ibadah. aku yang polos waktu itu, diberitahu oleh guru agamaku bahwa jika seorang anak yang belum mencapai baligh jika melakukan kebaikan pahala kebaikannya buat orang tua mereka. "loo kenapaa?" pikirku dalam hati. Aku tanpa banyak omong tanpa banyak tanya langsung ada perasaan dongkol mungkin waktu itu. Haha

Hari menjelang maghrib, aku dan temanku yang lain pulang. Meskipun baru kelas 2 SD aku full ikutan puasa. Setelah berbuka puasa bareng keluarga aku sering dapat pujian karena aku tamat puasa dan aku shalat maghrib berjamaah dirumah. Aku teringat kata guru agama ku sore itu, bahwa pahala anak yg belum baligh itu untuk orang tuanya. Aku dengan polos dan sedikit dongkol bertanya pada mama "mah pahala anak yg belum baligh buat orang tuanya ya? Terus ngapain ade ikutan puasa seharian pahalanya buat mama? Rugi dong ade kalau gitu. Ade gamau puasa lagi ah" sahutku pada mama. Mama dengan sabar dan sedikit menahan tawa menjawab pertanyaan bodoh itu "ih kata siapa de? Ade gaboleh gitu . Pahala itu yang ngatur Alloh. Soal pahala yang buat orang tua itu karena mama udah ngajarin ade puasa jadi kalo misal ade ngelakuin yang engga bener
dosanya buat mama lo." jawabnya bijak.
Aku yang kecil itu tak begitu saja nerima ucapan mama. Aku pernah minta batal ditengah hari tapi
mamah berhasil mencegahku. Dan kini aku sadar, berkat mama aku jadi seperti ini. Aku mengerti
ucapan-ucapan mama dahulu. Dan banyak yang aku rasakan hingga detik ini.
Makasih mama love you :))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar