Minggu, 31 Maret 2013

MULAI DARI HAL YANG TERKECIL



Mungkin kebanyakan dari kita terlalu memikirkan hal-hal yang besar, sedangkan hal-hal yang kecil menjadi terabaikan. Kebanyakan dari kita mengikuti trend zaman, tanpa mempertimbangkan apakah itu akan membawa pengaruh baik apa tidak karena ingin disebut anak gaul.
Kita terlalu antroposentris, kita bertindak sesuka hati kita karena kita merasa bahwa mausia lah yang memiliki nilai . padahal, bagaimana nasib makhluk yang lain dengan tindakkan kita yang seperti itu .
Jika kita kaitkan dengan penomena alam sekarang yang seperti ini, tak sepatutnya kita menyalahkan alam. Karena, apa yang terjadi saat ini merupakan ulah kita sendiri. Kita terlalu egois, kita tidak bersikap adil pada alam. Pantas saja alam marah pada kita !
Manfaaat alam yang  diberikan pada kita oleh sang Pencipta bukanlah hal yang kecil. Dari satu tanaman  saja sudah dapat memberikan manfaat besar bagi kita. Dari hasil fotosintesis tumbuhan memperoleh oksigen yang kita gunakan untuk bernafas, memperoleh zat makananyang biasa disimpan dalam bentuk buah yang sering kita makan, kayu nya kita gunakan untuk membuat peralatan rumah tangga dan rantingnya digunakan untuk kayu bakar. Banyak bukan manfaatnya ? terus yang kita lakukan apa ? merusaknya? Menebangnya sembarangan ? sangat tidak adil kita bertindak.
Lalu kapan kita mau berubah ? berubah untuk menjadi lebih baik , berubah untuk lebih menyayangi lingkungan.  Tentunya harus mulai dari saat ini, mulai saat ini dan seterusnya.  Adapun cara-cara untuk menumbuhkan rasa cinta kita kepada lingkungan adalah sebagai berikut :
·         Menanamkan dalam hati bahwa bukan hanya manusia yang patut dihargai, melainkan semua makhluk patut untuk dihargai karena memiliki fungsi dan peranan masing-masing.
·         Mulai berfikir ekosentrisme, jangan terus-terusan terjerat oleh pikiran antroposentrisme yang jelas-jelas salah.
·         Menyadari bahwa manusia merupakan bagian dari ekosistem alam, bukan penguasa alam.
Kita bisa memulai semua itu darihal yang terkecil, yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan kertas serta tisu, menanam pohon, dengan hal itu kita sudah berbuat baik kepada alam. Dan perubahan dari yang kecil tersebut akan menimbulkan kebiasaan baik dan akan membawa pengaruh besar bagi kelangsungan alam.

2 komentar:

  1. Keren artikelnya.. ^^
    Insya Allah bermanfaat,,

    BalasHapus
  2. allhamdulillah :) terimakasih atas apresiasinya :)

    BalasHapus